Minggu, 25 Agustus 2013

Manusia atau Teknologi. Pilih Mana?


Kemarin seorang kawan yang udah lumayan lama gak ketemu, ngajak sarapan di Bintaro tepatnya di 9 Walk. Tempat yang menjual aneka kuliner ini memang enak buat jadi tempat ngobrol pagi-pagi.

Dari obrolan ringan seputar keluarga, kondisi terbaru di Tanah Abang yang sudah bersih dari PKL sampai persoalan Sumber Daya Manusia. Untuk persoalan yang terakhir ini dia mengeluhkan kondisi tempatnya bekerja yang sudah mengucurkan dana ratusan juta untuk upgrade teknologi namun semua sia-sia karena kualitas SDM yang rendah.

Sepertinya hal ini bukan cuma terjadi ditempat kerja kawan saya. Banyak perusahaan lain yang juga menggelontorkan dana yang sangat besar untuk mengadopsi teknologi terkini demi peningkatan kualitas produksi dan pelayanan. Sebagian mungkin berhasil, namun banyak juga yang menjadi mubazir karena tidak mendapatkan dukungan SDM yang juga berkualitas.

Bagi saya, secanggih apapun teknologi, tetap saja dia hanyalah alat yang operasikan oleh manusia. Bisnis pada hakekatnya adalah hubungan saling mempengaruhi antar manusia (pembeli) dan manusia (penjual) dengan menggunakan teknologi sebagai medianya. Dengan teknologi inilah maka diharapkan tercipta efektifitas dan efisiensi dalam berbagai hal yang berkaitan dengan urusan bisnis.

Dalam situasi seperti sekarang ini, kita tidak bisa dengan mudah mengatakan bahwa manusia lebih penting dibanding teknologi atau sebaliknya. Tapi yang pasti saat transaksi berlansung tetap unsur manusia yang menjadi jembatan antara pembeli dan penjual. Yang beli manusia, yang menjual juga manusia. Lain ceritanya kalo kita beli minuman ringan lewat mesin penjual yang make koin..hehehe

Sarapan udah, ngobrol udah, Cuma yang agak mengganggu  adalah harga makanan yang agak mengezuuutkan…hehehe. 2 porsi nasi gurih ditambah 2 porsi lontong sayur plus 4 teh manis seharga 120 ribu, wow….heheheh. Mungkin karena biasa makan dengan menu yang sama di warung deket UIN Cuma bayar 50 ribu dan pulang dengan perut kenyang. (STOP Jadi Orang Kebanyakan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk komentar anda.
salam hormat kami

Admin.