Jumat, 14 Desember 2012

Citra Profesi dan Kemampuan Komunikasi

Kalau melihat pengacara yang sedang berbicara saat sidang, terutama di film-film, karena terus terang saya belum pernah melihatnya secara langsung dipengadilan, saya bisa terkagum-kagum melihat kepandaian mereka beretorika. 

Apalagi saat melihat aksi Al Pacino sebagai pengacara dalam Scent of a Woman. Ekspresi, intonasi dan kata-katanya begitu memukau. Sampai-sampai sempat kepikiran kenapa dulu tidak kuliah di fakultas hukum. 

Sampai pada suatu saat saya bertemu dengan kawan-kawan adik saya yang berkunjung ke Jakarta untuk suatu acara musyawarah nasional para pengacara (begitu menurut adik saya). Dan mereka semua pastinya adalah pengacara hehehe. 

Saat berbincang dengan mereka, saya baru tahu kalau ternyata tidak semua pengacara adalah komunikator hebat seperti yang di televisi atau di film-film. Hal ini terungkap lewat cerita mereka sendiri kepada saya. 

Ketika adik saya memperkenalkan saya dan mengatakan profesi saya adalah Trainer Komunikasi, mereka seolah-olah mendapat kesempatannya untuk menumpahkan unek-unek tentang kelemahan mereka dalam berkomunikasi. 

Menurut mereka, pekerjaan sebagai pengacara tidak lantas menjadikan mereka jadi komunikator yang handal, bahkan mereka mengaku terkadang merasa minder dan seringkali kehilangan percaya diri saat berbicara dengan orang lain. 

Mereka bahkan langsung meminta saya untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang komunikasi. Tanpa terasa mulai sekitar jam 3 sore hingga maghrib  kami mengobrol panjang lebar tentang arti penting kemampuan berkomunikasi. 

Seperti juga saya, mungkin banyak juga orang-orang yang telah terkelabui oleh kehebatan citra sebuah profesi tertentu, padahal kenyataanya belum tentu demikian. 

Rupanya keahlian komunikasi begitu penting dan istimewanya sampai-sampai orang-orang dengan profesi yang “elit” sekalipun belum tentu sanggup menguasainya. Tapi ini tentu saja tidak mengurangi kekaguman saya terhadap rekan-rekan pengacara dan juga profesi-profesi yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk komentar anda.
salam hormat kami

Admin.